Pengurus MKKS dan MGPM Tidore Kepulauan Resmi Dilantik

Sebarkan:

Foto bersama usai pelantikan pengurus musyawarah MKKS SMA/SMK periode 2020-2024 dan  MGPM SMA Kota Tikep periode 2020-2023
TIKEP- Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku Utara, Imam Makhdy Hasan resmi melantik pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS SMA/SMK) Kota Tidore Kepulauan (tikep) priode 2020-2024. Dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGPM)SMA Kota Tikep masa bakti 2020-2023.  

Pelantikan tersebut di pusatkan di Aula SMA Negeri 1 Tikep dan Kehadiran kadikbud Maluku Utara didampingi oleh jajaran eselon III dan IV Dikbud.

Dalam sambutanya, Imam Makhdy Hasan mengatakan, peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting, sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Bahkan Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas.

“ Kita harus menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru, “ Ujar Imam.

Untuk mengembangkan kerjasama antar kepala sekolah serta guru agar tercapai hubungan kekeluargaan yang serasi, perlu dibentuk satu wadah, yang dapat membantu tugas kepala sekolah dan guru selaku Abdi negara dan Abdi mansyarakat. Khususnya dalam rangka mengemban amanah undang undang dasar 1945, dengan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Wadah tersebut Lanjut Imam, diberi nama musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) dan musyawarah guru mata pelajaran( MGMP). Sejalan dengan hal tersebut, pemberian kesempatan pendidikan yang layak dan berkualitas, kepada siswa merupakan langka prioritas yang harus segera diwujudkan, mengingat implementasi dan peningkatan mutu pendidikan merupakan bagian dari upaya pembinaan dan pengembangan pendidikan secara nasional.

Imam bilang, salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas atau mutu pendidikan adalah kompetensi siswa. Sementara itu kompetensi siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari dalam diri siswa, seperti intelegensi, minat, motivasi, dan faktor lingkungan seperti guru. Kurikulum, fasilitas adalah salah satu faktor yang banyak mempengaruhi proses dan kualitas pengajaran.

Imam juga berharap pasca dilantik pengurus MKKS Masa bakti 2020-2024 dan pengurus MGMP Masa bakti 2020-2023, dapat melaksanakan amanah dan dapat bersinergis dengan satuan Pendidikan serta Dikbud provinsi agar dapat menciptakan SDM yang lebih berkualitas guna memenuhi standar mutu pendidikan yang baik sesuai harapan kita semua.

Sementara Ketua MKKS kota Tikep Muhammad Khairun dalam sambutanya menuturkan, pelantikan ini baru pertama kali terjadi Tikep. MKKS adalah garda terdepan dan wajib mengamanahkan kebijakan dinas pendidikan. Maju mundurnya pendidikan di daerah tergantung peran aktif MKKS di Kabupaten/Kota.

Dan ini Baru pertama kali Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Malut berkunjung di Kota Tidore Kepulauan. Olehnya itu sebagai kepala sekolah yang ada di Tikep sangat bersyukur dengan adanya kehadiran kadis di Tikep.

“ Kami sangat bahagia, saat kadis Pendidikan dan Kebudayaan (dikbud) Malut meluangkan waktu untuk berkunjung di tikep”. (red/adv)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini