BPKAD Malut Intens Perbaiki Tata Kelola Keuangan Daerah

Sebarkan:
Ahmad Purbaya : Kaban BPKAD Malut

SOFIFI - Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD) Provinsi Maluku Utara (Malut) terus melakukan perbaikan tata kelola keuangan daerah.

Perbaikan pengelolaan keuangan daerah dilakukan dengan cara menggelar pelatihan dan uji kompetensi bendahara di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut, Rabu (3/08/2022).

Kepala BPKAD, Ahamad Purbaya kepada wartawan menyatakan, pelatihan dan uji kompetensi bendahara merupakan salah satu langkah strategis yang harus dilakukan dalam rangka merespon tuntutan publik terhadap transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan.

“Diharapkan pula pelatihan dan uji kompetensi ini ini mampu meningkatkan kapasitas, kompetensi dan profesionalisme aparatur pengelolaan keuangan daerah dalam menjalankan peran dan fungsinya. Sehingga kinerja pengelolaan dan penatausahaan keuangan senanatiasa konsisten, dengan mengedepankan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik sesuai ketentuan yang berlaku,”ujarnya.

Dalam proses penataan pengelolaan keuangan daerah, lanjut Purbaya, selalu ada perubahan peraturan, baik terkait dengan penatausahaan keuangan daerah yang dikaitkan dengan pengadaan barang/jasa. Juga masalah perpajakan, yang terakhir ditetapkannya Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual.

“Diharapkan kepada para peserta pelatihan dan uji kompetensi bendahara selalu menyesuaikan dan menerapkan dengan ketentuan yang baru, yang harus dipahami dan dikuasai sebagai pengelola keuangan daerah, agar terhindar dari kesalahan prosedur bahkan kerugian daerah,”tukasnya.

Mantan Kepala Inspektorat Malut ini mengungkapkan, pelatihan ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, sehingga sekembalinya para peserta ke unit kerja sudah memiliki kemampuan dan segera meningkatkan kinerja dan selalu konsisten dengan tata kelola keuangan yang baik dan benar.

“Saya berharap agar saudara/saudari sekalian dapat mengikuti pelatihan ini dengan tertib dan sungguh-sungguh. Ucapan terima kasih kepada narasumber, moderator, panitia, peserta, serta seluruh staf Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya pelatihan ini. Semoga kerja sama yang sudah terjalin dengan harmonis ini dapat terus dipertahankan dan dikembangkan di masa yang akan datang,”pungkasnya. (Adv/red)


Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini