PAD Kota Ternate Tak Capai Target, Sekot Minta OPD Ubah Paradigma

Sebarkan:
Sekretaris Daerah Kota Ternate, Rizal Marsaoly memimpin rapat bersama OPD
TERNATE, PotretMalut - Pendapatan Asli Daerah Kota Ternate, per semester II bulan Juni tahun 2024 tidak mencapai target. PAD tahun ini menurun jika dibandingkan tahun 2023 lalu.

Hal ini diketahui setelah Sekertaris Daerah Kota Ternate, Rizal marsaoly menggelar rapat dengan kepala Organisasi Perangkat Daerah pengelola PAD, di kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah pada Kamis kemarin.

Dalam rapat tersebut, Rizal meminta OPD agar bisa mencapai hal yang dirilis BP2RD, seperti retribusi pasar dan parkir.

Ia meminta agar OPD mampu mengintensifikasi atau usaha meningkatkan hasil sehingga pengelolaan PAD reel.

"BP2RD harus mampu menyajikan satu data valid, antara semester II tahun ini dan tahun 2023 lalu," ungkap Rizal, Jum'at, (14/06/2024).

Menurutnya data yang valid sangat dibutuhkan untuk progres yang hendak dicapai, juga sebagai perbandingan. Selain itu, Rizal juga meminta agar BP2RD mengetahui penyebab masing-masing OPD tidak mencapai target.

"Paradigma mengelola PAD harus di ubah, karena dengan strategi yang baik PAD akan terus naik. Misalnya dengan melakukan sosialisasi kenaikan retribusi, karena masyarakat tidak akan tahu jika Persa tidak di sosialisasi," terangnya.

Dalam rapat tersebut, Rizal menyarankan ke BP2RD untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait adanya kenaikan karcis parkir tepian jalan umum.

"Saya bilang ke BP2RD, semester berikut di tahun ini, penyajian datanha yang valid dan terukur. BP2RD harus mampu mengayomi, mengetahui, dan mencari solusi atas tidak tercapainya PAD. Jangan saling menyalahkan OPD A dan B karena ini tanggung jawab bersama," tegasnya. (Ham/red)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini